Muswil ke II dan pembentukan pengurus baru IPKEMINDO NTB di gelar secara khidmad

Kota Mataram, (MataramMetro.com) – DPW Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) NTB kembali menggelar Musyawarah Wilayah dan Pembentukan Pengurus Baru Periode 2022-2025 di Aula Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kumham) NTB, Senin (31/01/2022).

Organisasi profesi ini merupakan perubahan dari APKI NTB. Dimana saat Muswil ke II tahun 2017 silam, nama APKI kemudian resmi dirubah menjadi IPKEMINDO NTB. Kegiatan muswil ini dikuti oleh seluruh anggota IPKOMINDO NTB, serta mengusung tema, Membangun IPKEMINDO NTB yang Berakhlak dan Semakin PASTI.

Muswil ini diikuti Pembimbing Kemasyarakatan beserta Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (PK-APK) Bapas Mataram, Bapas Sumbawa dan Bapas Mataram (anggota luar biasa). Turut hadir seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kumham NTB.

Kemudian Kepala Pengadilan Tinggi NTB diwakili Hakim Tinggi, Kepala Kejaksaan Tinggi NTB diwakili Asisten Tindak Pidana Umum, Kapolda NTB diwakili Dir. Pembinaan Masyarakat dan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis se-pulau Lombok.

Sebelumnya, IPKEMINDO NTB ditetapkan secara aklamasi melalui Muswil tertanggal 18 Februari 2019. Kemudian dikukuhkan dan ditetapkan Ketua DPP IPKEMINDO dalam Musyawarah Regional Bali-Nusa Tenggara, Tertanggal 19 Februari 2019 di Denpasar, Bali.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kumham NTB, Haris Sukamto menuturkan, organisasi tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kompetensi praktik, dalam rangka mewujudkan PK dan APK yang berkualitas dan professional. Demi mewujudkan pelayanan terhadap masyarakat dengan menjunjung perlindungan HAM.

“Muswil IPKEMINDO NTB hari ini memiliki agenda tunggal untuk memilih kepengurusan yang baru sehingga dapat segera menyusun garis-garis besar program wilayah untuk periode 2022 sampai dengan 2025,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengingatkan agar seluruh anggota IPKEMINDO NTB untuk lebih mendalami organisasi, baik yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab organisasi. Khususnya memahami konsep yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Supaya kita lebih menjiwai dalam menjalankan organisasi,” imbuhnya.

Haris berpesan, bagi PK dan APK yang terpilih, harus mengerti bagaimana memulihkan warga binaan, sehingga ketika kembali ke tengah lingkungan sosial, dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan.

“Ciri-cirinya bisa dilihat, ketika anggota sangat peduli dan tetap merasa percaya diri di dalam membawa organisasi. Saya ucapkan selamat menjalankan Muswil,” ucapnya.

“Saya berharap melalui muswil ini dapat semakin menjadikan IPKEMINDO sebagai organisasi professional yang ber AKHLAK dan semakin PASTI serta menjadi role model bagi organisasi profesi lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muswil Ke II IPKEMINDO NTB, Jumaidi, menyebut, musyawarah kali ini mengagendakan penilaian Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan DPW IPKEMINDO NTB periode 2019 sampai dengan 2022.

Kemudian pembahasan rekomendasi yang diperlukan dan garis-garis besar program IPKEMINDO NTB, dan memilih Kepengurusan Wilayah IPKEMINDO periode 2022-2025.

“Peserta terdiri dari 35 PK dan APK Bapas Mataram. Sepuluh (10) PK dan APK Bapas Sumbawa Besar dan dua anggota luar biasa yaitu Kepala Bapas Mataram dan Kepala Bapas Sumbawa Besar,” rincinya.

“Segala pembiayaan kegiatan Muswil II IPKEMINDO NTB tersebut bersumber pada KAS Kepengurusan IPKEMINDO NTB,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here